Tutorial Git Menginisiasi Folder,add dan commit

Tutorial Git Menginisiasi Folder,add dan commit - Hallo sahabat Cerita Horror, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tutorial Git Menginisiasi Folder,add dan commit, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tutorial, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tutorial Git Menginisiasi Folder,add dan commit
link : Tutorial Git Menginisiasi Folder,add dan commit

Baca juga


Tutorial Git Menginisiasi Folder,add dan commit



Kali ini saya akan membahas mengenai apa itu git dan bagaimana cara bekerjanya si git itu, mungkin ada yang pernah mendengar istilah git dan penasaran seperti apa sih yang disebut git itu.
Git adalah sebuah version control system, jadi jika kita mengerjakan suatu proyek kita bisa memiliki beberapa versi dari proyek yang telah kita buat, jadi kita tidak perlu takut jika terjadi error saat ditengah pembuatan projek itu dan kita bisa kembali ke versi sebelum terjadi error itu ataupun kembali lagi dari versi terlama ke versi yang terbaru, pasti kalian sudah tau jika ditanya apa itu check point di sebuah game nah seperti itu lah gunanya dari git ini.

Cara bekerjanya sebuah Git

1. Menyimpan sebuah projek secara berurut atau versi
2. Bisa kembali ke versi-versi yang telah kita buat
3. Memungkinkan pengguna berkaolaborasi dengan pengguna lain dalam mengerjakan suatu projek dan menggabungkan nya.

Kalian bisa menggunjungi git-scm.com untuk mendownload git nya ada berbagai macam versi seperti untuk windows atau mac x32 or x64.

Jika kalian telah menginstal git nya dan ingin memastikan apakah telah benar-benar terinstal kalian tinggal membuka cmd dan mengetikkan git --version .



Setelah mengetikkan git --version dan muncul git version 2.5.4(akan muncul sesuai versi git yg kalian pasang) berarti git telah terpasang di komputer kalian, namun jika tidak muncul git version kemungkinan git belum terinstal.

Cara Menginisialisasi Sebuah Folder Sebagai Git

Kalian hanya perlu membuat sebuah folder di c:\Users namanya bebas sesuka kalian.

Contoh seperti folder ini saya beri nama tutor.
 Kemudian ketik cd tutor(nama folder yg akan diinisialisasi) di cmd untuk ke folder yg dituju
 Setelah itu ketik git init untuk menginisialisasi folder tersebut sbg sebuah git, kemudian akan muncul pesan Initialized empty Git repository in C:/Users/nama folder/tutor/.git yang berarti folder telah diinisialisasi sbg sebuah git. Dan di folder tutor akan muncul hidden folder yang bernama .git

Memulai Menggunakan Git

Buatlah sebuah file html, saya memberi nama file tsb dengan indeks.html
Lalu buka cmd dan ketik git status, jadi git ini benar-benar memperhatikan semua perubahan yang terjadi di folder yang sudah kita inisialisasi tadi.

Di cmd tertulis indeks.html yang berwarna merah yang berarti file tsb belum di track, kemudian kita track file tersebut dengan mengetikkan git add indeks.html(nama file yg akan ditrack).

Setelah menambahkan file indeks.html tadi bisa kita cek dengan git status maka akan muncul indeks.html berwarna hijau yang artinya telah ditambahkan.

Kemudian ketik git commit -m "commit pertama" arti dari commit ini sepeti kita mensave file menjadi bagian yg utuh, maksud dari -m ini pesan untuk yang tadi kita save jadi tergantung kalian memberi nama bagian yg disave ini.

Mungkin sekian semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan.


Demikianlah Artikel Tutorial Git Menginisiasi Folder,add dan commit

Sekianlah artikel Tutorial Git Menginisiasi Folder,add dan commit kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tutorial Git Menginisiasi Folder,add dan commit dengan alamat link https://horrorgila.blogspot.com/2018/07/tutorial-git-menginisiasi-folderadd-dan.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Git Menginisiasi Folder,add dan commit"

Posting Komentar